Sistem Informasi

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem informasi yang digunakan untuk mengelola informasi untuk manajemen organisasi. Peran informasi dalam organisasi dapat dibandingkan dengan darah dalam tubuh manusia. Tanpa aliran informasi yang sehat, organisasi akan mati. Di dalam organisasi, SIM bertindak sebagai sistem untuk pemrosesan transaksi, kontrol manajemen, dan dukungan keputusan. Konsep SIM sebenarnya sudah ada sebelum munculnya komputer. Di sini, semua jenis informasi dalam organisasi harus diproses dengan cepat, lengkap, dan aman. Namun, tanpa komputer, itu hanya akan menjadi teori. Dengan komputer, konsep SIM telah menjadi kenyataan: informasi adalah elemen manajemen bisnis. Untuk kelancaran arus informasi, manajer harus memasukkan informasi ke dalam kerangka kerja sistem. Sistem dapat didefinisikan sebagai sekelompok elemen terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam suatu sistem adalah elemen-elemennya. Tentu saja, setiap sistem memiliki elemennya sendiri, kombinasi yang bervariasi dari satu sistem ke sistem lainnya. Namun, perjanjian dasar tetap sama: sistem informasi tata kelola perusahaan adalah sistem terbuka dan sistem kontrol loop tertutup. Sistem informasi diperkenalkan dalam bentuk data perusahaan atau peristiwa yang dimodifikasi oleh pengolah informasi untuk mendapatkan informasi. Pengolah informasi dapat berupa komputer, orang atau kombinasi keduanya. Untuk menjalankan fungsi mekanisme kontrol, manajer bertanggung jawab untuk membuat keputusan tentang bagaimana menyelesaikan masalah perusahaan dan tujuan perusahaan. Selain itu, keputusan manajer perlu dimodifikasi sehingga kinerja sistem pada akhirnya memenuhi harapan para manajer. Oleh karena itu, sistem informasi terdiri dari elemen data, informasi, pemrosesan informasi dan manajer. Sistem informasi adalah sistem konseptual yang menggunakan sumber daya konseptual, data, dan informasi untuk mewakili sistem fisik dalam hal ini, perusahaan atau organisasi. aplikasi keuangan sekolah adalah sistem fisik, tetapi kekuatan dan informasi yang tersimpan di dalamnya dapat dianggap sebagai sistem konseptual. Data atau informasi adalah sistem fisik. Bagaimana data disimpan tidak penting. Yang penting adalah apa yang diwakili oleh data atau informasi. Oleh karena itu, sistem informasi membantu manajer bisnis dan manajer untuk mendapatkan bahan-bahan utama bagi pengambil keputusan. Karena itu, sistem informasi harus dapat menghadirkan perusahaan itu sendiri. Model manajemen yang digunakan saat ini di lembaga pendidikan sangat berbeda. Karena itu, sistem informasi yang digunakan juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing organisasi.



Sistem informasi akademik
Dalam sistem ini, informasi yang diberikan meliputi: 1.

Pendaftaran siswa baru SIM dapat mencetak ID siswa secara langsung. Selain itu, laporan, terutama data pribadi siswa / siswa, daftar siswa / siswa, siswa / fakultas / fakultas, berdasarkan kelas / utama dan daftar baru siswa / siswa per kelas dikembangkan.

Pendaftaran siswa senior SIM juga dapat langsung mencetak ID siswa. Selanjutnya, dimungkinkan untuk menyusun laporan yang berisi daftar siswa / siswa, penilaian siswa / siswa di tingkat / oleh fakultas / departemen, daftar SPP dan magang siswa / mahasiswa dan, akhirnya, ulasan siswa / siswa dan untuk mentransfer / memindahkan. .

Implementasi akademik: informasi yang dihasilkan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok-kelompok ini adalah siswa, guru / guru dan program pendidikan / fakultas. Informasi yang diperlukan untuk siswa termasuk silabus kursus, daftar partisipasi, ujian frekuensi, lembar kemajuan studi dan akreditasi. Dengan demikian, guru / guru diberikan informasi dalam bentuk program / perkuliahan, daftar peserta, daftar hadir untuk guru / guru, hasil kuesioner dan catatan. Akhirnya, fakultas / area akademik sekolah memerlukan informasi tentang daftar siswa, daftar guru, daftar mata pelajaran / mata pelajaran, daftar hasil siswa, sejarah kemajuan studi dan sejarah kinerja siswa.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*