Gejala pada penyakit paget

Penyakit Paget atau Paget’s disease merupakan gangguan pada tulang yang mengalami rapuh maupun bengkok. Penyakit Paget akan terjadi di bagian tulang antara tulang panggul, tulang tengkorak, tulang belakang, dan tulang tungkai. Beberapa jaringan yang terkait memberikan keaktifan  pada tulang yang normal mengalami pergantian atau regenerasi. Tulang dapat diserap dan dinamakan osteoklas, lalu dapat dengan mudah digantikan pada sel tulang yang baru menuju sel osteoblas. Penyembuhan akan di lakukan dengan baik namu untuk sekarang menggunakan tongkat agar dapat memudahkan berjalan juga dapat menghindari dari jatuh. Pada penggunaan tongkat harus dengan tongkat yang kokoh agar mampu menopang tubuh ketika hendak jatuh penggunaan untuk tongkat tidak di sarankan terlalu banyak bergerak karena rapuh pada kaki hanya dapat di sembuhkan dengan operasi tulang dan di gantikan tulang yang lain agar dapat sembuh total tetapi untuk sementara penggunaan tongkat akan lebih baik.

Penyakit Paget dapat membuat kondisi tulang  mempunyai resiko tinggi mengalami retak, patah, dan berubah bentuk. Beberapa orang tidak merasakan gejala yang berlangsung hanya saja penderita dapat merasakan rasa nyeri pada daerah tubuhnya di bagian yang sakit. Penyakit Paget bisa terjadi antara satu atau bahkan ada beberapa pada bagian tubuh. Adapun gejala yang muncul, antara lain:

Adanya faktor usia dapat menjadi pemicu Penyakit menyerang. Kemudian pada dasarnya sebelum terjadinya penyakit ini dahulu juga sudah memiliki penyakit yang sama. Ada yang lebih beresiko terkena Penyakit Paget pria besar resiko dibandingkan wanita. Ketika penderita di awal sudah merasakan gejala namun tidak segera ditangani maka nantinya terjadi komplikasi, antara lain: osteoarthritis,  bentuk tulang berubah, kanker tulang, patah tulang, dan bahkan gagal jantung. 

Keadaan tersebut adanya pemicu gejala  Penyakit Paget, seperti:

1. Nyeri pada kondisi tulang, penyakit yang menyebabkan rasa nyeri bertumbuh. Rasa nyeri yang ada akan terasa akan menjadi timbul meninggalkan bekas seperti ditekan maupun diremas. Terjadinya gejala nyeri akan semakin parah apabila keadaan sudah menjadi malam.

2. Bengkak pada Sendi 

Gejala yang muncul dapat terkena di mana saja bahkan pada bagian sendi. Pada tulang terjadinya kerapuhan yang dapat menyebabkan kaki terasa kaku, dan bengkak di bagian sendi. Kerusakan di tulang rawan yang memberikan bantalan bagi sendi.

3. Adanya gangguan pada Saraf, di bagian tulang adanya gangguan yang dapat menyebabkan nyeri yang  berurutan dan terus menerus dan terjadi kesemutan, tulang tidak menjaga keseimbangan, dan yang paling parah terjadi kelumpuhan.

Pada bagian tulang bagian di tengkorak, ada kelainan dalam pembentukan tulang bagi penderitanya merasakan dengan sakit kepala serta gangguan pendengaran. Apabila penyakit tersebut dapat menyerang  bagian tulang belakang, saraf tulang belakang memungkinkan terjadi adanya tertekan sehingga ketika salah satu bantalan sudah tidak mampu menopang itu hal yang buruk. Keadaan tersebut dapat menyebabkan sakit, kesemutan, serta mati rasa pada bagian lengan atau tungkai pada kaki. Penyakit Paget dapat memberikan keadaan yang memburuk seperti  menyebabkan tungkai kaki bengkok. Pada tulang rapuh dapat memberikan efek buruk saat ketika tidak mampu menopang tulang dengan baik dan tidak mempunyai penyangga itu yang sangat di khawatirkan terjadinnya tulang bengkok juga sangat di hindari, untuk penanganan adanya penanganan dengan diagnosa dan dilakukannya pemeriksaan fisik dengan TC scan, merupakan bagian dari pemindaian untuk memperlihatkan gambar secara luas. Tulang yang sudah mengalami faktor usia akan lebih mudah terserang kelumpuhan.

Referensi

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar

chirpstory.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*